Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak negatif dan positif dari munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia

Dari pasar di Cina, pandemi virus Covid - 19 masih merupakan masalah utama yang perlu diselesaikan oleh pemerintah Indonesia dan negara-negara lain di hampir semua orang. Karena, keganasan dan virus mengerikan Covid - 19 tidak dapat dipegang oleh masyarakat karena ratusan ribu nyawa melayang setiap hari. Pemerintah dengan anggota stafnya terus berkoordinasi dan bersinergi dalam mencari upaya atau sarana untuk menyelesaikan penyebaran virus ini, salah satunya adalah dengan upaya deteksi dini melalui Dana Vaksin. Sinovac.

Seperti disebutkan di atas, virus Bahwasannya Bahwasan Covid bahwa Plapah di tengah-tengah komunitas memang sangat berbahaya dan mengerikan karena bermutasi sehingga menjadi lebih sulit dikelola. Berbagai dampak dirasakan oleh masyarakat karena pandemi ini selama hampir setahun. Berbicara tentang Pandemi Covid - 19, dampak ini dibagi menjadi dua bagian, mulai dari dampak negatif yang membuat banyak pihak dan dampak positif diperoleh dari kebijakan pemerintah.

Nah, periksa dampaknya di masyarakat, mari kita bicara tentang dampak negatif dari Pandemi Covid - 19 pertama. Ketika virus Covid - 19 muncul untuk pertama kalinya sampai saat itu, dampak negatif yang dirasakan dan harus dijalani oleh Negara Indonesia adalah jumlah pasien yang sepenuhnya dikonfirmasi untuk tumbuh setiap hari. Ini bukan hanya yang baru, tetapi fakta-fakta yang terus dilaporkan dan diperbarui oleh media - media resmi setiap hari.

Buktinya tidak jarang bagi kita untuk bertemu keluarga mati karena semuanya terinfeksi oleh Covid-19 dan semakin booming dengan pasien Covid-19 yang tidak di-host di rumah sakit untuk berkewajiban untuk mengambil tenda-tenda yang mendesak

Dampak negatif dan positif dari munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia

1. Peningkatan jumlah pasien covid - 19

Seperti yang ditunjukkan oleh situs web resmi Informasi Pemerintah Covid - 19, yaitu Covid19.Go.id, dinyatakan bahwa pada 21 Januari 2021, kasus Covid - 19 di Indonesia meningkat hingga 11.703 orang. Jika total, seluruh pasien kaichable hingga sekitar 951.651 orang. Tingginya jumlah pasien Covid - 19 tentu saja merupakan masalah besar bagi pemerintah dan rumah sakit yang menyediakan covid - 19 piring perawatan khusus. Karena ada begitu banyak, pasien yang tidak dapat mengurus kematian mereka, karena keterbatasan ruangan dan tempat tidur, perawat dan dokter, perangkat medis yang diperlukan.

Lihat dampak negatif yang terkait dengan peningkatan jumlah pasien kavidant - 19, tentu saja tidak hanya masalah kompleks yang ditemui oleh masyarakat, tetapi juga pemerintah dan jajarannya. Ini tentu merupakan karya pekerjaan rumah atau pekerjaan rumah yang perlu dipertimbangkan dan hierarkis dan harus didukung penuh oleh masyarakat dalam pelaksanaan semua protokol kesehatan yang telah ditentukan.

2. Pengakhiran Pekerjaan (PHK) Karena Pandemi Covid - 19

Tidak hanya terlihat dari semakin banyaknya pasien positif, dampak negatif lainnya dari keberadaan Covid-19, yang, sejak awal, dirasakan oleh masyarakat atau pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah besar. Dampak PHK Massa sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia dan, tentu saja, dibahas secara luas oleh masyarakat melalui berbagai platform media sosial. Salah satu alasan yang menyebabkan pemecatan massal ini disebabkan oleh pandemi Covid - 19 secara signifikan memberikan pendapatan perusahaan, sedangkan dana pengeluaran perusahaan tetap tinggi cenderung meningkat.

Dampak dari penghentian hubungan kerja yang dirasakan oleh kebanyakan orang yang sangat menjelaskan hati dan cukup sengsara. Karena, banyak anggota keluarga harus menjalani kehidupan yang hidup dan tidak harus dalam waktu dekat akan memiliki pekerjaan yang layak lagi. Namun, semakin banyak pekerja yang telah dipengaruhi oleh pemberhentian karena pandemi Covid - 19 telah mulai menambah dan mencari pekerjaan lain untuk membuka bisnis untuk mendapatkan penghasilan.

Itu juga terbatas pada kegiatannya di luar rumah oleh otoritas yang berwenang, terutama ketika pemerintah daerah mengintensifkan PPKM (penerapan pembatasan kegiatan masyarakat)

3. Stres karena pemuatan tugas menumpuk karena sekolah dari rumah.

Dengan memasukkan dampak negatif ketiga karena pandemi umum, Covid - 19, terutama di Indonesia, stres pada anak-anak meningkat. Dampak stres ini benar-benar berasal dari kebijakan pemerintah yang positif terkait dengan proses pembelajaran jarak jauh (pembelajaran online / online). Kebijakan ini sebenarnya sangat baik karena merupakan langkah untuk memecahkan propagasi Covid - 19, tetapi implementasinya masih hilang.

Ya, dalam implementasi pembelajaran online ini, beberapa guru cenderung memberikan banyak bahan dan tugas pembelajaran, serta proses pembelajaran dilakukan melalui wajah tatap muka, dibutuhkan beberapa momen berbeda dengan jam belajar di sekolah. . Itu adalah hasil utama di mana siswa merasa lelah dan dibawa ke stres.

Terkadang, stres ini juga ditransmisikan ke orang tua orang tua karena mereka harus memikirkan biaya pangsa internet, anak-anak mereka menjadi malas untuk belajar sehingga mereka dapat dipaksa untuk menyewa tutor swasta sehingga anak itu tidak ketinggalan, karena tidak. menyebutkan kebiasaan itu. bermain ponsel pintar sepanjang hari tidak baik untuk pengembangan kesehatan untuk pertumbuhan kecerdasan Anda

Ini adalah beberapa dampak negatif karena penyebaran Covid - 19 di Indonesia yang harus dihadapi masyarakat dan pemerintah. Namun, sejalan dengan itu, ada juga beberapa dampak positif yang dirasakan masyarakat karena kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah bersama dengan jajarannya.

Dampak positif dari penampilan Pandemi Covid-19.

1. Kebijakan WFH.

Sejak pertama kali, Covid - 19 terdeteksi di Indonesia, pemerintah mulai memikirkan solusi untuk meminimalkan propagasi. Solusi atau kebijakan yang menang adalah WFH atau bekerja dari rumah. Sejauh ini, setidaknya ada sekitar 75% perusahaan yang menerapkan kebijakan ini untuk memutuskan penyebaran Covid - 19 dalam lingkup pekerjaan.

WFH yang lezat juga terasa bagi siswa dan siswa. Bagi siswa termasuk dihapuskan oleh ujian nasional, sedangkan untuk siswa semi-tahunan terakhir menghapuskan uji uji menggantikan tugas membuat jurnal ilmiah terkait dengan Covid

2. Literasi Teknologi.

Dampak positif kedua yang terkait dengan kebanyakan orang terkait penyebaran Covid - 19 di Indonesia menjadi literasi teknologi. Seperti yang kita ketahui, keberadaan Covid - 19 menyebabkan pemerintah mulai menerapkan berbagai kebijakan, saya salah bekerja dari rumah (WFH) dan sekolah dari rumah. Penerapan kebijakan ini tentu saja dapat bekerja dengan sukses jika kompatibel dengan teknologi melalui smartphone atau laptop dan juga koneksi internet yang stabil.

Itulah yang akhirnya menyebabkan pekerja dan siswa yang diminta untuk bekerja pada perangkat teknologi, mulai mengenali berbagai platform pembelajaran jarak jauh dan cara menggunakannya, yang kemudian akan digunakan untuk mendukung kegiatan rumah.

3. BLT Subsidi dan UMKM

Dampak positif berikutnya dari Covid - 19 yang diterima oleh masyarakat melalui kebijakan pemerintah adalah keberadaan BST atau bantuan sosial dalam bentuk tunai, yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu gaji dan subsidi UMKM.

Untuk subsidi upah TSB, bantuan ini dikhususkan untuk pekerja yang hanya memiliki pembayaran 5.000.000 / bulan. Belakangan, jumlah pemerintah yang disediakan oleh pemerintah sekitar Rp. 2,4 juta orang di setiap pekerja, dengan dua kondisi, yaitu memiliki NIK (nomor keluarga) dan secara aktif menjadi peserta pekerjaan BPJS sampai periode 20 Juni.

Jenis bantuan ini disebut BST UMKM untuk para aktor perusahaan UMKM di seluruh Indonesia yang terkena dampak Covid - 19. Seperti bantuan pada subsidi upah, jumlah dana yang akan diberikan sekitar 2,4 juta Rp oleh penulis UMKM. Bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat menstabilkan roda ekonomi roda.

Ada juga BSS yang diberikan bulanan dari 300.000 Rp.300 000 hingga program biasa-biasa saja dan praktis, bantuan PKH awalnya sekali setiap bulan dan sebagainya

4. Listrik Bebas

Tidak hanya memiliki dana / bantuan fisik, dampak positif terakhir terasa dan diterima oleh masyarakat karena pandemi cvivid memperoleh listrik bebas melalui PLN atau perusahaan listrik negara. Program listrik gratis ini diberikan karena ia melihat sejumlah besar pekerja atau kepala rumah tangga yang mengalami penghentian lapangan kerja (PHK) dan kerusakan ekonomi.

Harap dicatat bahwa administrasi listrik gratis ini didedikasikan untuk pelanggan dengan 450 VA dan 900 listrik. Khusus untuk 450 go listrik akan mendapatkan subsidi 100%, sedangkan 900 pergi, sekitar 50% subsidi. Ada dua cara untuk mendapatkan listrik gratis ini, pertama dengan menghubungi nomor resmi PLN WhatsApp nomor 0812 - 2123 - 123 atau cara kedua melalui situs web PLN resmi.

Ini adalah berbagai efek positif dan negatif dari pandemi Covid di Indonesia. Khusus untuk dampak positif, terutama terkait dengan bantuan pemerintah, lebih baik menggunakan yang paling mungkin dan jujur ​​untuk menjadi lebih bermanfaat. Berdoalah dan Dukung Program Pemerintah Dalam Pertarungan Melawan Perbanyakan Covid - 19.