Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengelola dan membayar utang secara efektif

Hutang adalah pinjaman uang yang dibutuhkan oleh seseorang untuk dibutuhkan. Hutang menjadi kewajiban ekonomi dari masing-masing individu yang kadang-kadang dapat menjadi masalah terpisah.

Tidak ada yang mau menebak, tetapi ada saat-saat ketika bentuk pinjaman seperti ini tidak dapat dihindari hutang terhadap jumlah kecil atau utang dalam jumlah besar yang biasanya digunakan untuk hal-hal besar untuk membeli rumah, membeli mobil segar.

Utang harus dihindari, tetapi itu tidak berarti bahwa seseorang tidak boleh berhutang. Ada banyak cara agar setiap orang dapat diambil untuk hutang atau pinjaman mereka tidak membawa masalah keuangan besar, yang dapat menyebabkan mereka bangkrut.

Klasifikasi hutang

Klasifikasi hutang yang disebutkan di sini adalah upaya untuk membedakan jenis utang apa yang baik dan di mana jenis utang yang tidak dapat dipisah. Bahkan biasanya, kunci utamanya adalah perbedaan di mana hutang yang baik dan buruk didasarkan pada tingkat saat kita membutuhkan kebutuhan uang.

Jika uang digunakan untuk hal-hal yang sangat penting dan itu bisa menjadi bentuk investasi di masa depan, seperti pinjaman untuk membeli pinjaman rumah atau modal komersial, hutang dapat diklasifikasikan sebagai hutang yang baik.

Namun, jika uang pinjaman digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting atau mungkin ditunda dalam realisasi, seperti hutang pembelian barang elektronik atau utang untuk bepergian, utangnya termasuk dalam kategori hutang yang buruk.

Pastikan untuk menganalisis untuk pertama kalinya jenis kebutuhan sebelum memutuskan apakah pinjaman sesuai untuk memenuhi kebutuhan ini.

Penentuan situasi keuangan

Terlepas dari hutang buruk yang baik, ada kalanya manusia tidak dapat dipisahkan dari itu. Jika ini benar-benar tidak terhindarkan dan seseorang memiliki hutang yang perlu dibayar dan diganti untuk periode tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan situasi keuangan mereka sendiri.

Ini bisa dilakukan di sini adalah dengan membuat anggaran. Dengan membuat anggaran, semua orang akan dapat melihat jumlah pendapatan dan jumlah biaya untuk dibelanjakan setiap bulan.

Rencana anggaran harus dilakukan dan berisi semua aspek yang berkaitan dengan pengeluaran dan pendapatan setiap bulan. Mulailah dengan melakukan:

• Daftar pendapatan yang mengandung asal pendapatan keuangan dan jumlahnya

• Daftar pengeluaran yang bervariasi setiap bulan misalnya, daftar toko makanan dan pakaian

• Daftar start-up hampir setiap bulan, seperti biaya asuransi, listrik, air atau pendidikan anak.

• Daftar biaya yang termasuk dalam hutang atau pinjaman.

Bagi sebagian orang, daftar hutang ini sangat singkat, misalnya, hanya berisi daftar pinjaman rumah.

Tetapi untuk orang lain, daftar ini bisa sangat panjang yang berisi daftar pinjaman rumah, daftar pembayaran pembayaran mobil, daftar pembayaran beberapa kartu kredit dan banyak lainnya. Buat daftar terperinci dari jenis utang, total utang, nama kreditor atau duka hutang, pembayaran total setiap bulan dan batas waktu pembayaran setiap bulan.

Dengan membuat daftar anggaran seperti ini, semua orang akan dapat memahami situasi keuangan mereka dan untuk dapat membuat rencana pembayaran yang tepat sehingga semua kebutuhan mereka dapat diselesaikan. Selain itu, pembuatan rencana anggaran seperti itu akan dapat menunjukkan setiap individu ke kapasitas keuangan mereka, apakah mereka dapat memenuhi semua kebutuhan ini atau memiliki risiko keuangan di masa depan.

Perencanaan Pembayaran Utang

Setelah membuat rencana anggaran, juga yakin untuk menjadwalkan pembayaran pembayaran untuk setiap jenis. Berbagai jenis pinjaman mungkin memerlukan berbagai jenis pembayaran, seperti pembayaran dengan arus otomotif atau pembayaran tunai.

Buat jadwal waktu pembayaran untuk setiap jenis hutang dan pinjaman, jumlah uang harus dibayarkan dan jenis pembayaran. Buat catatan khusus di komputer atau di ponsel untuk diingat secara teratur. Pastikan juga Anda tidak melewatkan periode pembayaran tunggal, karena ini menambah pembayaran utang di masa depan.

Bayar penuh faktur kartu kredit

Saat ini, penggunaan kartu kredit semakin alami. Penggunaan kartu kredit ini sendiri tidak akan menjadi masalah selama pemilik kartu kredit dapat dibatasi untuk penggunaannya setiap kali mereka menjual.

Kartu kredit itu sendiri pada dasarnya adalah bentuk hutang, karena pemilik peta pada dasarnya meminjam uang dari kreditor untuk melakukan transaksi, di mana pinjaman ini harus dibayar setidaknya setiap bulan.

Setiap kartu kredit memiliki pembayaran minimum yang harus dibayar oleh pemilik kartu kredit setiap bulan. Sangat disarankan untuk membayar lebih dari jumlah minimum ini atau jika mungkin membayar faktur setiap bulan.

Melakukan pembayaran minimum hanya akan membuat pemilik kartu membayar lebih dan tentu saja, ini akan membuat hutang proses pembayaran sampai jauh lebih lama.

Melakukan pembayaran secara teratur dengan jumlah yang lebih tinggi

Ada hal-hal lainnya yang dapat dilakukan oleh pemilik utang untuk mengelola uang hasil hutang mereka, yaitu dengan cara melakukan pembayaran reguler dengan cara yang kita bayar jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan jumlah yang seharusnya.

Misalnya, harus membayar pinjaman dari Rp. 1.000.000, - setiap bulan.

Jumlah pinjaman ini akan dibagi dengan membayar pinjaman utama dan kepentingan pinjaman. Jika itu membuat pembayaran lebih banyak setiap bulan, misalnya Rp. 1 200 000.- - Pembayaran tambahan 200 ribu rupiah bertujuan untuk membayar pinjaman utama dan ini tentu saja akan dapat mempersingkat waktu pinjaman.

Tetapi semua jenis pinjaman tidak memungkinkan peminjam untuk melakukannya.

Sebaiknya konfirmasi peminjam tentang hal itu dengan kreditor untuk mendapatkan penjelasan yang lebih. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk melakukan itu untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Hutang

Fusion hutang yang diharapkan di sini ditujukan bagi Anda yang memiliki banyak hutang atau pinjaman yang harus Anda bayar setiap bulan. Manajemen utang di beberapa sumber segera bisa sangat membingungkan.

Anda dapat memilih untuk menggabungkan hutang di tempat yang sama untuk memfasilitasi proses pembayaran dan pemantauan masa depan.

Penggabungan utang ini dibuat dengan mengambil pinjaman dari suatu tempat untuk membayar hutang di beberapa sumber lain. Jika berhasil, Anda tidak berhasil sementara Anda hanya memiliki satu pinjaman pada kreditor, dan akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur proses pembayaran setiap bulan tanpa perlu takut bahwa ada pembayaran yang terlewat, beberapa hal yang sangat mudah tiba. Jika Anda memiliki hutang pada beberapa sumber sekaligus.

Penentuan tingkat prioritas utang

Bagi Anda yang mulai merasakan kesulitan pembayaran hutang setiap bulan, jadi sudah saatnya Anda mencantumkan prioritas utang yang perlu Anda bayar.

Jenis hutang yang memiliki prioritas paling penting bukan hanya jumlah pembayaran yang perlu Anda bayar setiap bulan, tetapi dampak yang akan Anda rasakan jika Anda tidak membayarnya.

Jenis utang yang termasuk dalam kategori utang prioritas tinggi adalah:

• Pembayaran pembayaran rumah. Jika Anda tidak membayar pembayaran hutang ini, Anda dapat kehilangan rumah di mana Anda aman sejauh ini

• Faktur Kartu Kredit

• tagihan listrik, dll.

Setiap orang memiliki berbagai jenis pinjaman dan hutang. Periksa masing-masing hutang dan konsekuensi yang harus dikenakan jika terlambat atau tidak melakukan pembayaran.

Kurangi biaya atau jumlah hutang

Ini terkait erat dengan penciptaan rencana anggaran yang telah dibahas sebelumnya. Jika pembuatan rencana anggaran hanya menyangkut rencana pendapatan dan pengeluaran, Anda dapat mengirimkannya dengan mendaftarkan jenis dan kuantitas biaya aktual, termasuk kartu kredit.

Dengan catatan pengeluaran ini, Anda akan melihat jenis dan jumlah biaya aktual Anda.

Anda dapat mengevaluasi kebiasaan pembelian berdasarkan catatan ini. Lihatlah jenis pengeluaran yang sebenarnya tidak berguna atau dapat dikurangi.

Lakukan penyesuaian pada jenis pengeluaran ini untuk bulan-bulan berikutnya dan Anda akan menikmati manfaat dari mengurangi faktur kartu kredit Anda setiap bulan dan Anda dapat membantu Anda menghemat uang Anda.

Mencari penghasilan tambahan

Salah satunya cara yang paling efektif yang dapat untuk mengatasi masalah utang adalah dengan Anda bisa mencari pendapatan tambahan. Dimungkinkan untuk melakukan dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan pendapatan tambahan untuk mengambil pekerjaan sampingan atau membuka bisnis rumahan.

Uang penghasilan tambahan ini dapat digunakan untuk membayar hutang atau juga dapat mencakup kebutuhan lain.

Mencari bantuan profesional

Ada kalanya hutang adalah masalah yang tidak lagi bisa diselesaikan saja. Ketika ini terjadi, lebih disukai Anda mencari bantuan profesional dari berbagai institusi yang menawarkan layanan manajemen utang.

Bantuan profesional dapat membantu Anda mengatur pembayaran utang Anda hingga dibayarkan berdasarkan situasi keuangan Anda saat ini.

Namun, tentu saja, Anda harus menemukan institusi atau perusahaan yang kredibel dan andal. Anda juga harus memahami bahwa ada biaya terpisah yang harus Anda bayar untuk institusi seperti ini.

Kenali perangkap utang

Selain langkah-langkah berbeda yang dapat Anda tempuh dalam upaya untuk mengelola hutang yang ada, Anda juga harus mendapatkan perangkap utang yang dapat membawa Anda ke dalam masalah keuangan yang lebih penting nanti. Dengan kita dapat mengetahui beberapa perangkap utang seperti ini, Anda juga akan bisa dapat membuat keputusan terkait dengan kebutuhan keuangan Anda.

Beberapa jebakan utang sering tidak sadar akan banyak orang:

• Karakteristik atau penawaran tanpa bunga.

Fitur-fitur ini sering menemukan penawaran kartu kredit. Pada pandangan pertama, fitur ini tampaknya sangat menguntungkan karena pemilik kartu kredit tidak perlu membayar bunga untuk setiap pengeluaran kartu kredit mereka.

Namun, disarankan untuk melihat lebih jauh pada fitur ini, karena fitur ini biasanya diberikan dengan kondisi tertentu, seperti pembayaran yang akan dilakukan tepat waktu atau pembayaran harus dilakukan dengan jumlah tertentu.

Kurangnya pengakuan dan pengisian persyaratan ini tentu akan kehilangan Anda nanti karena Anda harus membayar jumlah minat atau mungkin penalti yang bukan jumlah kecil.

• abaikan faktur

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan pembayaran dan Anda telah memperoleh faktur atau surat peringatan kreditor yang bersangkutan, Anda tidak boleh diam.

Hubungi kreditor yang relevan segera dan mungkin Anda dan kreditor dapat membahas landasan bersama yang akan menguntungkan kedua belah pihak, misalnya dengan mengurangi bunga atau mengurangi jumlah pembayaran minimum setiap bulan.

• Merelahamiize Limitter Kredit Kata

Banyak orang melihat batas kredit dana kartu kredit mereka sebagai batasan jumlah uang yang dapat mereka belanjakan.

Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi perlu diingat lagi bahwa penggunaan utama menggunakan kartu kredit nyata adalah untuk menyederhanakan proses transaksi dan memfasilitasi seseorang untuk membeli barang. "Mereka saat ini tidak bisa membeli, tetapi mereka akan memiliki cukup. uang untuk membelinya.

Kata kunci untuk menggunakan kartu kredit adalah menggunakannya untuk membeli barang yang mampu atau sesuai dengan anggaran yang ada dan tidak hanya untuk menyelesaikan batas kredit pada kartu kredit itu sendiri.

Jika mereka masih menggunakan pembelian menggunakan kartu kredit sampai mencapai batas tanpa mereka melihat kemampuan yang dapat pembayaran mereka sendiri, dapat ditentukan bahwa jumlah faktur dan minat yang harus dibayar akan semakin meningkat dan akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membayar semuanya .

• Aplikasi kartu kredit baru untuk membayar hutang kartu kredit lama

Seringkali, orang dengan mudah membuat permintaan kartu kredit baru dari bank yang berbeda hanya untuk membayar hutang dari kartu kredit lainnya.

Ketika dia terlihat sekilas, itu bisa berhasil, tetapi itu berarti bahwa itu hanya untuk menambah biaya keuangan yang ada. Jika Anda kesulitan membayar kartu kredit, mungkin ide yang baik untuk berhenti menggunakan kartu dan lebih suka fokus pada upaya pembayaran utang yang ada.

Upaya pengelolaan utang memang dapat menjadi masalah besar yang dapat mengganggu stabilitas keuangan masing-masing. Namun, ini memang kadang-kadang tidak bisa dihindari. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah menjadwalkan lebih awal untuk mengenali jenis hutang yang dapat diambil dan bagaimana proses pembayaran di kemudian hari.

Perencanaan yang cermat lebih awal dan berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan keuangan akan sangat membantu semua orang mengelola keuangannya.

Selain itu, itu juga harus dianggap sebagai langkah pencegahan yang akan mencegah seseorang mengambil hutang pada tempat pertama misalnya dengan tabungan atau investasi. Apa pun langkah yang diambil, dengan sistem manajemen yang baik, hutang tidak akan menjadi beban berat atau hal yang menguntungkan di masa depan.